Rahasia Awet Muda Ibu Martha Tilaar

Bookmark and Share

Dikenal sebagai seorang yang sangat antusias terhadap kekayaan alam Indonesia, mungkin itulah gambaran yang tepat untuk Dr. Martha Tilaar. Di usianya yang sudah terbilang senja, dia mengaku tetap menjaga penampilan dengan cara yang alami.

“Saya dua kali seminggu melakukan mayonggo setto semacam bio energy di rumah sama karyawan. Itu senam energi dari Jawa,” tuturnya. 

Selain rutin melakukan olahraga di rumah, Martha juga tetap menjaga pola makan yang sehat dan mengonsumsi ramuan tradisional dengan memanfaatkan bahan yang ada.

“Saya juga jaga pola makan, minum jamu teratur. Biasanya, jamu-jamu itu sudah ada dalam bentuk teh. Kalau gulanya naik saya pakai kumis kucing, kalau sudah mulai lupa-lupa, saya pakai gingko biloba,” jelasnya.

Meski menjaga pola makan yang teratur, bukan berarti dia melakukan pantangan tertentu. Martha tidak memilah-milah makanan tertentu untuk dikonsumsi.

“Enggak ada, semua dimakan, tapi begitu saya cek ada kolestorolnya naik, biasanya cuma minum air rebusan dari daun salam, lengkuas, dan laos. Jadi, itu semacam lipitor tradisional,” tandasnya.

Martha mengatakan tidak pernah menggunakan produk-produk di pasaran. Dia justru memilih semua perawatan yang merupakan cara tradisional, yang diwariskan oleh sang nenek.

“Sudah sejak 42 tahun yang lalu saya lakukan. Bahkan untuk merawat gigi, saya menggantinya dengan disinfektan alami yang dibuat sendiri seperti daun sirih dan cengkeh, semuanya diajarkan dari eyang saya,” tutupnya.(okezone)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger