Tips Menyewa Rumah Kontrakan

Bookmark and Share
Menyewa rumah atau apartemen, biasanya menjadi pilihan bagi mereka yang sering berpindah tempat tinggal karena pekerjaan, atau keluarga kecil yang belum mau membeli rumah sendiri. Meskipun hanya sementara, Anda harus tetap teliti saat memilih rumah untuk disewa. Bagaimanapun juga rumah atau apartemen tersebut akan jadi tempat tinggal Anda selama beberapa waktu.



Pindah dari rumah yang satu ke rumah lainnya bukanlah perkara mudah dan bisa sangat melelahkan. Jadi pastikan Anda dan keluarga merasa betah dan nyaman menempati rumah sewaan tersebut. Dikutip dari This Is Money, berikut ini tips yang harus diperhatikan saat ingin menyewa rumah.

1. Survei tempat selengkap mungkin
Sempatkan waktu untuk mencari tahu sebanyak mungkin informasi tentang rumah yang Anda sewa. Mulai dari lingkungan sekitar rumah, keamanan, tetangga, akses transportasi, fasilitas di sekitar rumah (apakah dekat dengan supermarket, sekolah, perkantoran, dan sebagainya) dan bebas banjir atau tidak. Berkelilinglah di sekitar kompleks rumah dan tanyakan informasi tempat tersebut kepada warga setempat.

2. Buatlah beberapa alternatif
Anda harus selektif memilih rumah yang akan disewa. Sediakan beberapa 'kandidat' rumah dan seleksi mana yang paling baik dan sesuai dengan budget. Jika tertarik pada satu pilihan, jangan langsung memutuskan untuk menyewanya. Periksa dulu dengan hati-hati, bagaimana kondisi bangunan, saluran air, sanitari, pintu, jendela, sampai aliran listriknya. Jika kurang memenuhi syarat, Anda bisa mencari pilihan kedua atau ketiga.

3. Negosiasi harga
Ketika menemukan rumah sewa yang diinginkan, Anda bisa menawar harga sewa per bulan untuk mengurangi pengeluaran. Biasanya, harga sewa akan lebih murah bila Anda membayar untuk enam bulan sampai satu tahun ke depan. Jadi bila punya budget untuk setahun, sebaiknya bayar sewa sekaligus.

4. Pastikan fasilitas yang didapat
Sebelum kesepakatan harga, tanyakan apakah biaya sewa sudah termasuk pembayaran listrik, air dan keamanan. Hal ini untuk mengantisipasi pengeluaran uang Anda per bulannya. Jika uang sewa belum termasuk fasilitas tersebut, jadi Anda bisa menyiapkan uang untuk kebutuhan tersebut.

5. Jangan ragu melapor bila ada masalah
Periksa keadaan rumah seteliti mungkin. Segera laporkan pada pemilik atau makelar rumah bila ada masalah. Misalnya, dinding atau lantai yang telah retak, lampu yang tidak menyala, aliran air tidak lancar atau pagar yang rusak. Pastikan pemilik sudah memperbaikinya sebelum Anda menempati rumah tersebut.
sumber:waspada.co.id

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger