Waspada Pembodohan Tarif Jasa Laundry Anda

Bookmark and Share

Perhatikan dengan saksama gambar di bawah ini Tentu sering melihat bukan iklan laundry model ini di berbagai tempat penyewaan jasa cuci pakaian. Coba kita lihat dari sudut pandang kebahasaan


Faktanya :

-Cuci 5 kali gratis 1 kali

Penulisan kalimat tersebut kurang tepat, lebih tepat bila ditulis “Mencuci pakaian lima kali memperoleh satu kali gratis cuci pakaian.”

Per 6 Kg

Kalimat tersebut tidak jelas maknanya. Objek dari kalimat ini tidak ada. Bisa saja kalimat ini mengandung pengertian setiap enam kilogram cabai. Lebih tepat bila ditulis “Daftar harga setiap enam kilogram pakaian”

-Cuci Basah

Cuci dalam KBBI mempunyai arti membersihkan darah dengan teknik tertentu. Lazimnya mencuci itu dengan air dan pasti basah. Tidak perlu kata “basah” cukup ditulis dengan “Hanya dicuci”.

-Cuci Kering

Tulisan tersebut lebih tepat bila ditulis “Dicuci dan dikeringkan”

-Cuci Setrika

Tulisan ini bisa berarti yang dicuci adalah setrika bukan pakaian. Lebih tepat bila ditulis “Dicuci dan disetrika”

-Setrika 1 Kg Rp. 2.000,-

Tulisan ini mempunyai arti harga satu kilogram setrika adalah Rp 2.000,00 harga yang tidak lazim untuk alat elektronik kecuali alat tersebut telah rusak dan direndam dengan air hangat. Selain itu maksud tulisan ini ambigu. Pelayanan yang diberikan hanya disetrika atau dicuci dan disetrika setiap satu kilogram pakaian seharga Rp 2.000,00 tidak jelas. Kalau hanya disetrika, penulisannya terpisah dari daftar harga karena daftar harga menunjukan pelayanan yang diberikan setuap enam kilogram pakaian. Lebih tepat ditulis “Pakaian satu kilogram disetrika Rp2.000,00”.

Yuk Temukan beragam info menarik tentang - Iklan Laundry

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger