Upaya Deteksi Dini Kanker Payudara Masih Rendah

Bookmark and Share
Upaya Deteksi Dini Kanker Payudara Masih Rendah
Kanker payudara umumnya mudah dideteksi melalui alat yang disebut mamografi. Namun masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat menyebabkan banyak pasien kanker payudara ditemukan sudah dalam stadium lanjut.

"Semakin dini deteksi, maka kesempatan untuk sembuh sempurna akan lebih besar. Khusus untuk pemeriksaan mamografi dianjurkan dimulai pada usia 40 tahun," kata Dr. See Hui Ti, Senior Konsultan Onkologi Medis dari Parkway Cancer Centre Singapura dalam perbincangan tentang kanker dengan media di Jakarta,



Ia mengatakan, umumnya banyak perempuan yang tidak melakukan pemeriksaan mamografi dikarenakan khawatir akan efek samping yang mungkin dapat ditimbulkan. Selain itu, mereka juga ketakutan kalau-kalau positif menderita kanker payudara.

Padahal, dengan diketahui sejak dini, kemungkinan kanker untuk dapat disembuhkan akan sangat besar. Mamografi adalah suatu pemeriksaan untuk deteksi dini atau skrining kanker payudara dengan menggunakan sinar X. Alat ini mampu memperlihatkan kelainan pada payudara dalam bentuk yang terkecil hingga kurang dari 5 mm (stadium nol).

"Penting untuk para wanita melakukan pemeriksaan mamografi setiap satu tahun sekali. Kalau masih stadium dini, kanker bisa kita angkat dan lebih mungkin untuk sembuh ketimbang jika sudah mencapai stadium tiga atau lanjut," tambahnya.

Ia mengatakan, kira-kira 85-90 persen dari semua kanker payudara ditemukan atau dideteksi dengan mamografi. Penemuan awal dengan mamografi dapat mengurangi angka kematian dari kanker payudara sebanyak 20-30 persen pada wanita-wanita berumur lebih dari 50 tahun.

See Hui Ti memaparkan, dengan alat mamografi modern, jumlah paparan radiasi relatih jauh lebih kecil, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan efek samping yang ditimbulkan. Selain itu, pemberian informasi dan edukasi kepada para wanita, juga akan turut membantu dalam upaya peningkatan kesadaran akan pentingnya deteksi dini kanker payudara.

"Studi-studi telah dengan jelas menunjukan bahwa lebih kecil ukuran kanker payudara ketika dideteksi, lebih mungkin penyembuhan melalui operasi dan kelangsungan hidup akan jauh lebih panjang," tandasnya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger