Amalan Di Bulan Romadhon

Bookmark and Share
1. Perbanyak Sedekah, sebab Nabi Saw . Afdholush shodaqoh Shodaqotun Fi Romadhon HR Turmuzi ( Sedekah yang paling utama adalah sedekah dibulan Romadhon.
2. Qiyaamul Lail, Nabi bersabda, Man qooma Romadhoona Iimaanan wahtisaaban ghufiro lahu maa taqoddama min dzanbih HR Bukhori 1/16 ( barang siapa dia qiyaamur Romaadhon dengan keimanan dan mengharap ridho Alloh semata, maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu ). Dan konon Rasulullah senantiasa menghidupkan malam di bulan Romadhon dan ketika telah masuk sepuluh malam terakhir beliau membangunkan keluarganya, baik yang besar maupun kecil yang telah mampu melaksanakan sholat. ( Shahih Muslim Bab i’tikaf  )
3. Membaca Al Qur’an, karena Nabi memperbanyak membaca Al Qur’an di bulan Romadhon dan Jibril Alaihissalam bertadarrus dengan Nabi juga di bulan Romadhon ( Shahih Bukhori Bab Badaul wahyi ).
4. I’tikaf yaitu berdiam diri di masjid untuk melakukan ibadah dalam rangka taqorrub kepada Alloh. Rasulullah Saw selalu i’tikaf di sepuluh akhir bulan Romadhon sampai beliau wafat sebagaimana yang tersebut dalam hadits-hadits shahih. Al Haitsami dalam Majma’ Zawaid meriwayatkan hadist bahwa Nabi Muhammad bersabda, Masjid adalah Rumah bagi setiap orang yang bertaqwa, dan Alloh akan menjamin bagi orang yang emnjadikan masjid sebagai rumahnya dengan kasih sayang, rahmat dan mampu melewati Shirotol Mustaqiim menuju keridhoan Alloh yaitu surganya ( Majma’ Zawaid 2/22 )
5 Umroh yaitu berziarah ke baitulloh untuk thawaf dan sa’i di bulan romadhon, sebab Nabi bersabda,” Umrotun Fi Romadhon Ta’dilu hijjatan ma’iy ( Umroh di bulan romadhon sebanding dengan pergi haji bersamaku ) ( Sunan Turmuzi bab Manasik )
Mengingat bulan Romadhon adalah bulan yang penuh berkah dan rahmat, maka mari kita penuhi siang dan malam harinya dengan amalan-amalan yang dilakukan oleh Nabi diberkahi ini.
Sumber: tambihun.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger