Gedung Jakarta Harus Go Green Di 2010

Bookmark and Share

Mulai 2010 bangunan di seluruh Jakarta harus menerapkan konsep Green Building. Konsep itu penting untuk meminimalisir terjadinya efek gas rumah kaca.Demikian disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, dalam konferensi pers Seminar Energi di Hotel Four Season, Kamis 25 Juni 2009.

Standarisasi konsep Green Building masih dalam penyusunan Dinas Penertiban dan Pengawasan Bangunan dengan melakukan studi ke Tokyo dan Singapura. Gubernur menargetkan konsep ini dapat diterapkan tahun depan.Konsep dasar Green Building adalah mendorong pengelola gedung untuk melakukan penghematan energi dari pemasangan sistem pendingin dan pencahayaan dengan tingkat efisiensi tinggi.

"Misalnya mereka nantinya wajib memakai lampu LED (Light Emitting Diode) yang hemat energi,” katanya. "Lalu pemakaian solar panel untuk emergency lighting dan penghematan air.”Penerapan standarisasi Green Building, kata Gubernur, terbilang sulit di Jakarta . Masih ada stigma dari pelaku usaha bahwa penerapan konsep itu membutuhkan tambahan investasi. "Oleh karenanya perlu ada financial institution yang mendukung program ini, “ tegasnya.Padahal jika konsep Green Building sukses diterapkan di seluruh gedung di Jakarta akan menghemat energi. "Otomatis investasi akan kembali dalam beberapa tahun

Sumber – vivanews

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger