Analisa Swot Sebuah Event Pameran

Bookmark and Share


Swot adalah singkatan dari strenghts (kekuatan), weakness (kelemahan), oppurtunities (peluang), threats(ancaman). Analisa swot di event organizer dan event organizer ultah adalah alat yang digunakan untuk mengidentifikasi isu-isu internal dan eksternal yang mempengaruhi kemampuan kita dalam memasarkan event kita.

Kekuatan dan kelemahan
Untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan event, kita harus mencermati isu-isu dalam organisasi yang mempengaruhi kemampuan kita menjual event ke pasar dan sponsor. Wilayah penting yang perlu digali adalah persepsi dari si event organizer dan event organizer ultah itu sendiri terhadap suatu event. Jika event organizer anak atau organizer anak kita memandang event tersebut sebagai perioritas dan peluang untuk meningkatkan profil eo, maka event tersebut menjadi sebuah kekuatan. Namun jika kita memandang event tersebut sebagai pemborosan sumber daya, maka event tersebut menjadi kelemahan.

Peluang dan ancaman
Langkah selanjutnya adalah menganalisa semua faktor di luar organisasi yang mungkin mempengarhi event organizer anak atau organizer anak kita. Analisa eksternal ini akan membantu kita mengidentifikasi peluang dan ancaman yang terkait dengan event. Segera setelah menentukan ancaman-ancaman atas event kita, kita bisa menaksir ulang situasi dan menganalisa bagaimana cara mengubah ancaman itu menjadi peluang.

Sebagai contoh, jika kita sedang menangani sebuah festival untuk anak-anak, faktor-faktor eksternal berikut ini mungkin mempengaruhi event kita :
- cuaca
- ada acara yang lebih besar berlangsung pada hari yang sama
- minimnya kehadiran pada event tahun lalu
- sediktnya jumlah anak dalam kelompok usia yang relevan di database kita, dan lain-lain

Penting sekali memusatkan perhatian pada masing-masing ancaman atas sebuah event saat kita menjalankan perencanaan, untuk memastikan keberhasilan event tersebut.

Pengategorisasian suatu ancaman akan menentukan cara kita merespon ancaman untuk meminimalkan efeknya.
Setelah semua telah kita analisa dengan baik, barulah kita dapat menentukan langkah selanjutnya untuk menjalankan event yang telah direncanakan, dan alangkah baiknya apabila kita juga dapat melakukan analisa pesaing dan strategi pemasaran terhadap event tersebut.sumber : 12-monkeys.com


Http://adproindonesia.wordpress.com

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

Unknown mengatakan...

Dulu saya seorang pengusaha ikan arwana,,,,,
suatu hari saya bangrut, semua karyawan saya marah sama saya karna gaji mareka tidak saya bayar,
keluarga saya juga marah sama saya hingga saya tdk tau harus gimana lagi untuk menbayar karyawan saya
suata hari saya bertemu temen yg menceritan kepada saya untuk bangkit kembali melunjutkan usaha saya ya, itu meminta bantuan sama MBA JENGRONG,
saya diberikan petunjuk menjadi member beliu dan saya diberikan love ritual super love ya, itu 3D nya 623 allhamdu lillah benar2 tembus saya dapat hadiah Rp,77,jt
terima kasih MBA JENGRONG kalau bukan karna MBA yg menbantu saya munking saya tdk akan melanjutkan usaha saya lagi, sekali lagi terima kasih MBA
jika anda ingin mengubah nasib seperti saya silahkan hub MBA JENGRONG No (082337080001)atau kunjungi blog mba di http://mbah-jengrong.blogspot.com/ yakin dan percaya anda tdk akan di kecewankan karna usaha saya sudah lancar kembali berkat bantuan MBA JENGRONG sudah banyak yg sukses berkat bantuan MBA JENGRONG beliu tdk pernah mengumbar janji2 manis,,,, tapi faktalah yg berbicara hub no: 082337080001
_____________ TERIMA KASIH YG PUNYA ROOM,______

Posting Komentar

Powered By Blogger