Ragam Dan Corak Baju Muslim

Bookmark and Share


Pada saat seperti ini, paling tepat memang menggunakan baju muslim. Saat ini beragam butik sampai toko baju muslim sudah bisa dijumpai di mana-mana, Anda tinggal memilih mana yg paling Anda sukai. Sebelum acara pilah-pilih ini, sebaiknya Anda mengetahui beberapa jenis baju muslim yg berbeda-beda ini.

Abaya

Abaya adalah baju muslim dari Arab dgn potongan yg sangat lebar menyerupai jubah, menutupi sampai mata kaki dan berwarna hitam. Abaya untuk pesta dihiasi dgn sulaman benang berwarna-warni yg tidak terlalu banyak, di ujung kaki, tangan dan leher.

Jellabiya

Hampir sama dgn abaya, namun model ini tidak selonggar abaya dan tidak hnya berwarna hitam. Selain memiliki warna yg lebih berani, ornamen dan hiasan pada jellabiya lebih ramai. Jellabiya juga berasal dari daerah di dekat teluk Persia.

Kameez

Kameez adalah pengembangan dari jellabiya. Jika jellabiya adalah gaun panjang, maka kameez ini adalah shirt yg panjang. Panjang kameez hnya sampai ke lutut dgn belahan di samping kanan kiri dari pinggang sampai lutut yg membuat penggunanya bebas bergerak. Kameez dihiasi berbagai ornamen di antaranya sulam benang dan manik-manik yg ramai seperti yg kita temui di beberapa baju tunik panjang yg sebenarnya termasuk dalam jenis kameez ini.

Kurta

Kurta memiliki panjang yg sama dgn kameez namun potongannya lebih lebar dan kainnya lebih tipis dan ringan. Selain itu, kurta biasanya dihiasi dgn bordiran memakai benang yg semi-transparan, lebih terang atau senada dgn warna kain sehingga memberikan efek sederhana namun indah. Pola hiasan biasanya hnya terletak pada bagian leher dan sepanjang kancing pembukanya.

Shalwar

Celana longgar yg dipakai bersama kameez itulah shalwar. Berpotongan longgar di bagian atas dan sedikit menyempit di mata kaki, celana ini menjadi padanan berpakaian wanita Pakistan lengkap dgn dupatta (syal panjang sebagai kerudung).

Churidar

Apabila shalwaar longgar, maka churidar adalah celana padanan kameez yg berbentuk mirip seperti skinny jeans hnya saja dia terbuat dari kain biasa dan bukan dari jeans denim. Churidar dibuat dgn bahan yg stretchy dan memiliki panjang yg melebihi panjang kaki penggunanya. Ketika dipakai, kelebihan panjang ini akan membentuk lipatan-lipatan di daerah mata kaki yg nampak cantik.

Sherwani

Sherwani adalah semacam mantel panjang hingga di atas lutut, terbuat dari kain yg lebih berat dan kaku dan biasanya memiliki potongan A-line di bagian bawah mantel. Asal dari mantel ini adalah perpaduan dari shalwar kameez dgn frock coat dari negara Inggris, yg kemudian banyak digunakan oleh kaum aristokrat muslim India.

Patiyala Shalwar

Mirip dgn harem pants, namun celana longgar ini memiliki banyak lipatan dan agak menyempit di mata kaki.

Sumber: woman.kapanlagi.com

Temukan Info Lain Seputar Baju Muslim

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger