Tips Agar Daging tak Mudah Busuk

Bookmark and Share

Daging sapi yang dipotong berkali-kali dapat menyebabkan kandungan gizinya berkurang dan daging cepat rusak

Seringkali Anda membeli daging dalam jumlah yang banyak, namun tidak mengolahnya sekaligus, sehingga daging harus disimpan dalam lemari es. Proses penyimpanan dalam lemari es sebenarnya membuat daging kehilangan banyak nutrisi dan kandungan gizinya. "Berkurangnya kandungan gizi dan nutrisi ini lebih disebabkan karena proses pemotongan dagingnya, dari potongan pertama sampai potongan kecil," tukas Wanda Gunawan, Executive Sous Chef InterContinental Jakarta MidPlaza kepada Kompas Female, beberapa waktu lalu.

Meski sudah dibersihkan, tak jarang masih ada bakteri yang tertinggal pada daging. Ketika dipotong di supermarket atau di toko daging sekalipun, kita tidak bisa menjamin kebersihan pisau pemotong daging. Hal ini akan membuat bakteri yang ada di pisau menempel ke daging, dan merusak daging sehingga daging lebih cepat busuk. Tak hanya itu, kontaminasi bakteri dari tangan yang memegang daging juga bisa membuat daging menjadi rusak. "Tangan memiliki jumlah bakteri yang sangat banyak. Meski terlihat bersih, namun belum tentu benar-benar bersih," tambahnya.

Selain itu, proses pemotongan daging dengan pisau yang berkali-kali, mulai dari ukuran besar sampai menjadi ukuran kecil, akan membuat sel-sel dalam daging menjadi rusak. Hal ini membuat vitamin yang tersimpan dalam sel tersebut akan berkurang jumlahnya. Menurut Chef Wanda, kandungan daging yang asli dan punya kandungan vitamin yang paling tinggi adalah daging yang masih berukuran besar atau daging first cut. "Kalau sudah second cut, third cut, dan lainnya, vitaminnya sudah berkurang dan umur simpannya sudah berkurang," bebernya.

Untuk menjaga agar daging tidak mudah busuk, dan vitaminnya tidak banyak berkurang, biarkan daging dalam ukuran yang besar atau utuh ketika menyimpannya. 

"Ketika menyimpan daging, daging jangan dipotong-potong dalam ukuran yang lebih kecil. Potong daging ketika akan dimasak saja," pungkasnya.

Editor : asmadi 
Sumber : Kompas.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger